Thumb

28Oct, 2021

Hadiah Teladan di Hari Peringatan Sumpah Pemuda

Kamis 28 Oktober 2021. Alfais Farrel Ramdhani siswa SMAN 1 Yogyakarta bersama tim dan dukungan dari Yayasan Sagasitas membuahkan prestasi dengan pengembangan Artificial Inteligence sehingga menyabet prestasi dalam AI Global Festival 2021 oleh Intel, perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi.

 

Rabu 27 Oktober 2021, Brian G. Gonzales selaku  Executive Director Government Partnerships & Initiatives Global Government Affairs Group, Intel Corporation mengumumkan pemenang Festival ini. Kompetisi ini melibatkan 235 peserta yang berkualifikasi dari 20 negara.

Gambar. Alfais Farrel Ramdhani bersama tim dan Yayasan Sagasitas saat lomba AI Global Festival dari Intel

Inovasi Farrel dan tim mengenai Depression Detection Based on Tweets membuahkan Top 3 winners usia 13-18 tahun dengan hadiah 5000 USD, laptop dan kesempatan mentoring yang bersertifikat dari intel.

Tahapan seleksinya dimulai dari tingkat provinsi yaitu program Intel Prakarsa Muda dan terpilih 10 kelompok, kemudian diajukan ke internasional terpilih 6 kelompok dari DIY dan 4 kelompok dari provinsi lain.

Melalui DIY yang lolos tahap interview 2 kelompok dan menjadi Grand Winner dan Country winner. Kelompok Farrel membuat AI, kecerdasan buatan berbasis NLP (Natural Language Processing) yang dapat mendeteksi depresi secara dini berdasarkan tweets penggunannya

 

“Kami ingin berkontribusi menyelesaikan permasalahan deteksi depresi karena tidak semua orang dapat bertemu psikolog di masa ini, selama pandemi kasus depresi meningkat +50% di Indonesia dan sampai 300% di Amerika Serikat, sehingga membuahkan hasil sebuah AI yang dapat mendeteksi apakah orang mengalami depresi berdasarkan hasis analisis klasifikasi tweets penggunanya apakah depresi atau tidak. Hasil tersebut kemudian  dijadikan acuan merekomendasikan pengguna untuk terapi, konsultasi, dan sebagainya.” jelas Farrel siswa kelas XII MIPA 2 di SMAN 1 Yogyakarta. (Rbn)